Connect with us

Cara Menghubungkan Domain Ke Hosting

Tips & Trik

Cara Menghubungkan Domain Ke Hosting

Jika Anda seorang website developer, biasanya sudah familiar dengan yang namanya Domain dan Hosting, tetapi mungkin juga belum terlalu paham mengenai cara menghubungkan antara nama domain dengan server hosting yang ada.  Mungkin juga banyak penyebabnya mengapa istilah tersebut belum terlalu familiar di kuping segelintir website developer / programmer yang belum pernah mempublish website hasil karyanya secara online, salah satunya adalah saya ( eeeiitss…. tapi itu dulu !) hehehe..

Disini saya mencoba untuk membagi informasi perihal kendala yang biasanya sering dialami oleh website developer pemula (atau biasa disebut dengan istilah newbie), karena menurut hemat saya pribadi informasi ini merupakan kewajiban yang harus diketahui oleh setiap orang yang ingin hendak memiliki website pribadi maupun perusahaan, agar dapat memahami bagaimana secara teknis Domain dan Hosting yang terpisah sehingga dapat tersambungkan agar sebuah website dapat diakses oleh publik di seluruh dunia.

Langsung saja tanpa basa-basi lagi saya akan coba menjelaskan langkah-langkahnya, semoga dapat mudah untuk dimengerti ya guys.. Check this out :

Penyedia hosting dan domain yang baik dan professional biasanya selalu memberikan akses ke setiap individu klien nya untuk masuk ke masing-masing Akun Domain Panel dan Akun Hosting Panel (yg sering kita sebut cPanel) yang sudah menjadi hak mereka (klien). Dan apabila Anda memesan nama domain dan beserta hosting secara bersamaan (paket) di penyedia (provider) yang sama, biasanya Domain dan Hosting tersebut sudah dibantu untuk pointing (menyambungkan) nama domain ke server hostingnya, jadi klien sudah hanya tinggal menggunakannya tanpa harus repot-repot melakukan pointingnya.

Namun bagaimana jika hal tersebut ternyata belum dilakukan oleh si penyedia jasa hosting dan domain tersebut ? jika hal tersebut yang Anda alami, Anda tidak perlu khawatir.. ada baiknya Anda dapat melakukannya sendiri, caranya adalah :

  1. Masuk ke Domain Panel yang aksesnya sudah diinformasikan oleh si penyedia domain (seperti contoh di gambar ini)

2. Setelah Anda berhasil masuk ke Dashboard Domain Panel, Anda dapat memilih menu : Products – List All Order

lalu, Anda akan ditampilkan list nama-nama domain Anda yang sudah aktif yang telah Anda pesan.

Klik pada nama domain yang Anda inginkan untuk disambungkan ke Server Hosting yang sudah Anda miliki, setelah itu Anda akan berada pada layar berikut ini:

Klik 1 kali pada “Name Servers” (manage name servers that this domain name uses) sehingga Anda berada pada layar Pop-Up seperti contoh berikut ini:

Anda dapat mengisikan kedua kolom tersebut (Name Server 1 dan Name Server 2) dengan name server yang telah diinformasikan oleh si penyedia jasa hosting, yang biasanya informasi Name Server tersebut dicantumkan pada email yang telah Anda terima dari jasa penyedia hosting tersebut yang berisikan informasi Akses Akun untuk masuk ke cPanel Hosting yang telah Anda pesan.

Setelah Anda isikan kedua kolom tersebut, secara otomatis Domain Anda akan segera terhubung ke server Hostingnya. Mudah bukan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat…

President Republikmurah.com

CEO Republikmurah.com dan Republikmurah.id

2 Comments

2 Comments

  1. Neni

    Neni

    July 23, 2017 at 2:49 am

    Nice info gan.. thanks

  2. siswanto

    July 23, 2017 at 3:22 am

    oooh ternyata nama domain itu harus di pointing ke hosting ya? baru ngerti saya selama ini saya kirain domain sama hosting itu sama aja.. makasih ya share infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips & Trik

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top