News Blog

Menu

Email Marketing Yang Masuk Ke Folder Spam

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Tetapi, sebelumnya mungkin sudah mengetahui soal bagaimana membangun email marketing Anda, disini saya beranggapan bahwa Anda sudah terlebih dahulu tau akan mengapa email marketing perlu dilakukan.

Namun ternyata banyak juga saya temukan yang mengalami kendala pada prakteknya tentang Email Marketing ini, salah satunya adalah mengenai email-email yang dikirim ternyata masuk ke folder Spam.

Reputasi Domain & Server

Reputasi email berdasarkan Nama Domain

Reputasi berdasarkan masa expired nama domain. Semakin lama anda mendaftarkan nama domain, misalnya domain anda baru akan expired 5 tahun kedepan maka reputasinya akan lebih tinggi daripada domain yang 1 tahun lagi expired.

Namun Reputasi tersebut biasanya akan menjadi turun karena disebabkan aktifitas spamming. Contohnya : Jika anda mempunyai website yang lama tidak anda monitor dan akhirnya di hack dan hacker memanfaatkan untuk mengirim email spamming yang pada akhirnya akan menurunkan reputasi website anda.

Reputasi berdasarkan Server Email

Reputasi IP Address server pada email. Apabila anda menyewa shared hosting yang menggunakan ip shared (berbagi dengan pelanggan lainnya) sehingga apabila ada pelanggan lain yang melakukan aktifitas spamming dengan IP Address tersebut, bisa jadi anda akan kena dampak reputasinya juga.

Apabila demikian, solusinya gunakan dedicated ip dimana hanya anda sendiri yang menggunakan ip tersebut untuk selanjutnya anda membangun ip tersebut menjadi ip yang terpercaya.

Authentikasi / Authorisasi

Sistem authorisasi yang umum yaitu menggunakan SPF (Sender Policy Framework)  merupakan sistem validasi yang akan menentukan apakah email anda adalah email legitimate atau tidak. Validasi SPF memanfaatkan verifikasi melalui DNS dengan record TXT.

Konten Email

Untuk membuat konten email agar tidak masuk spam adalah dengan membuat konten email yang positif dan tidak mengandung kata-kata yang biasa digunakan oleh spam sebagai contoh seperti daftar phrase kata yang akan diblokir oleh Spamassasin.

Categories:   Tips & Trik

Comments