News Blog

Menu

Pengetahuan Dasar Tentang Web Hosting

Apa sih Web Hosting itu ?

Hosting adalah merupakan sarana penyewaan tempat untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh suatu website, sehingga dapat diakses melalui Internet. Data yang dimaksud disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi, program, script dan juga database.

Web hosting adalah layanan online, yang memungkinkan perusahaan dan individu membuat situs web mereka sendiri yang dapat diakses di World Wide Web. Situs web disimpan di server yang ruang penyimpanannya disediakan oleh perusahaan web hosting. Server itu sendiri biasanya terletak di pusat data.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan istilah  WWW (Wold Wide Web) ?

World Wide Web (WWW) terdiri dari jutaan halaman web yang terletak di server di seluruh dunia. Setiap halaman memiliki alamat yang disebut URL dan berisi tautan yang dapat diklik yang membawa pengunjung ke halaman web lain.

Yang Dimaksud dengan Domain Names (Nama Domain)

Nama domain adalah nama unik yang mengidentifikasi situs web di Internet. Ini terdiri dari dua atau lebih bagian yang dipisahkan oleh tanda baca titik. Sebagai contoh misalnya, domain.com atau domain.co.uk, di mana “domain” adalah domain tingkat kedua (SLD), sedangkan “.com” dan “.co.uk” adalah domain level teratas (TLD). Kita dapat mengakses sebuah domain, misalnya, dengan mengetikkan http://namadomain.com atau http://www.namadomain.com pada web browser kita.

Sekilas Mengenai Page Ranking

Page Ranking adalah Peringkat halaman yang merupakan sarana daftar klik halaman yang diambil melalui permintaan pencarian online berdasarkan relevansi, serta ditentukan oleh mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, Alexa, MSN, dll.

Banyak juga yang mempertanyakan, apakah yang namanya Bandwith ?

Bandwidth merupakan jumlah data yang dapat ditransfer ke atau dari situs web atau server. Bandwith biasanya diukur dalam bit per detik. Seluruh halaman teks adalah kira-kira sekitar 16.000 bit, sedangkan modem yang cepat dapat memindahkan hampir 56.000 bit dalam satu detik.

Tergantung pada kompresi, video full-motion mungkin melibatkan kecepatan transmisi sekitar 10.000.000 bit per detik.

Categories:   Teknologi

Comments