Connect with us

Tips Rahasia Dasar Dalam Membangun Website

Teknologi

Tips Rahasia Dasar Dalam Membangun Website

Membuat website adalah sesuatu yang sangat mendasar untuk kegiatan di internet, maka saya simpulkan bahwa teman-teman mungkin masih cukup awam tentang masalah internet ini.

Dalam penulisan ini saya berusaha untuk membuat penjelasan tentang cara membuat website ini menjadi selengkap dan sesederhana mungkin, sehingga saya berharap bisa membantu para pembaca untuk membuat websitenya dari nol.

Disini saya tidak menjelaskan lagi mengenai apa perbedaan antara Website dengan Blog, karena saya telah membahasnya di penulisan saya sebelumnya disini.

Dari sekian banyak metode cara membuat website, saya mencoba menggolongkan menjadi 2 metode secara umum yang bisa dipilih dalam membuat sebuah website, yaitu:

  1. Membangun website dengan platform yang sudah jadi
  2. Membangun website dari NOL (membuat bahasa pemrograman sendiri)

 

Membangun website dengan platform yang sudah jadi

Untuk membuat website dengan metode ini adalah menurut kebanyakan teman-teman saya yang programmer adalah hal yang paling mudah dan instant, karena tidak perlu “nyekrip” istilahnya.

Tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa, ada kata pepatah mengatakan bahwa: “tidak ada sesuatu yang instan, yang serba cepat lagi mudah. Semua pasti melalui banyak proses”. Sampai disini apakah anda setuju? mungkin setuju mungkin tidak sepertinya. heehehe..

Ok, kembali ke tema yang bersangkutan. Untuk membangun website dengan menggunakan platform yang sudah jadi, Anda biasanya diharuskan sudah memiliki akun hosting berbayar yang biasanya Anda akan diberikan sebuah akses oleh pihak provider hosting tempat Anda memesan untuk ke sebuah panel, yang biasa disebut dengan: cPanel. Banyak sekali provider hosting dan domain yang mumpuni dalam pelayanannya, karena mereka telah dilengkapi dengan teknologi terbaru pada websitenya yang canggih sehingga Anda dapat memesannya sendiri (self Service) di website tersebut. Untuk salah satu provider hosting dan domain yang recomended adalah Republikmurah.com .

Di Dalam cPanel tersebut Anda akan menemukan sebuah Icon bernama Fantastico De Luxe atau Softaculous Apps Installer yang berfungsi untuk menginstall Platform yang Anda butuhkan, seperti WordPress, Opencart, Joomla, Drupal, mambo, dan lain sebagainya. Untuk detail mengenai cara dan penggunaanya akan saya ulas pada artikel khusus membahas Fantastico De Luxe atau Softaculous Apps Installer nantinya, mohon bersabar sedikit ya..

 

Membangun Website Dari NOL

Bagi anda yang akhirnya memutuskan untuk belajar bagaimana cara membangun website seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa anda menyukai hal-hal yang bisa membuat kepala anda terasa panas jika anda tidak menyukainya. Tapi sekali anda bisa, maka kedepannya anda akan bisa membuat website dengan model apapun yang Anda mau dan sukai, dan tentunya Anda dapat mencari uang dari keahlian Anda yang satu ini. Untuk Tutorialnya yang menurut saya recomended, dapat dilihat pada website www.w3schools.com

Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman dasar dan bermanfaat untuk Anda yang membacanya..

Selamat beraktifitas..

 

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami