Connect with us

Domain Itu Apa Sih? Lalu, Apa Fungsinya Domain?

domain itu apa sih

Teknologi

Domain Itu Apa Sih? Lalu, Apa Fungsinya Domain?

Ketika ada seseorang bertanya, ” Domain Itu Apa Sih? ” pasti diantara kamu pernah atau sering mendengar pertanyaan itu. Menjelaskan tentang Apa itu Domain memang terkadang sedikit agak membingungkan jika pertanyaan itu “dilantunkan” oleh seorang yang sama sekali awam tentang perihal yang berhubungan dengan dunia internet.

Pada umumnya ketika kamu mencoba untuk mengakses sebuah website, kamu pasti harus mengetikkan alamat website tersebut. Nah, alamat situs/webite tersebut adalah yang disebut Domain.

Domain adalah URL yang akan diketik pengunjung situs web pada browser web untuk dengan mudah mereka kenali. Inilah sebabnya mengapa kamu harus memilih nama domain yang sesuai, jelas dan singkat tetapi juga harus mudah diingat.

Registry (Suplier Nama Domain)

Registry adalah suplier domain bersertifikat yang memberikan layanan pendaftaran domain, menangani ketentuan pendaftaran nama domain lebih lanjut, dan menagih ke pengguna akhir atau customer.

Setiap ekstensi domain, atau TLD (Top-Level Domain) dikendalikan oleh Registry.

Lalu, siapa sih registry Ini ? Registry adalah merupakan organisasi tingkat atas yang mengelola semua pendaftaran domain dan menentukan aturan untuk nama domain tingkat atas tertentu. Berbagai macam Pendaftar domain beroperasi di bawah organisasi Registry ini.

TLD (Top Level Domain) Umum atau ccTLD (Domain dengan Kode Negara)? 

Saat akan memilih nama domain untuk kebutuhan website kamu, kamu perlu untuk mempertimbangkan jenis TLD-nya. Apakah domain yang akan kamu gunakan nanti itu akan menjadi nama domain tingkat atas generik seperti .com, .info, .name, atau akan menjadi ccTLD seperti .us, .co.uk, .net.au, .web.id, .co.id ? Hal ini ditentukan oleh pengunjung dan tujuan target kamu, namun pilihan tersebut sesuai keinginan kamu juga.

Pendaftar (Pemegang Domain yang Sah)

Pada saat kamu sudah mendaftarkan nama domain, kamu akan menjadi satu-satunya Pendaftar nama domain tersebut, atau kamu adalah satu-satunya pemilik nama domain tersebut di seluruh dunia.

Namun, kamu juga dapat mencantumkan nama orang lain sebagai Kontak Administratif atau Kontak Teknis pada status kepemilikan domain tersebut jika ada orang lain yang kamu percaya untuk menangani website kamu, sehingga mereka memungkinkan untuk dihubungi dalam hal mengurus hanya hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan domain atau pertanyaan, serta hal yang berkaitan dengan perpanjangan pembayaran tertentu.

Masa Tenggang Kepemiikan Nama Domain

Pada umumnya ketika sebuah domain telah kadaluarsa dan kamu tidak memperpanjangnya, nama domain tersebut akan dihapus secara sistem setelah jangka waktu tertentu, atau pencatat nama domain akan mengambil alih kepemilikan nama domain tersebut dengan syarat bahwa kamu sebagai pemiliknya tidak menunjukkan minat untuk memperbarui domain tersebut.

Sekedar informasi bahwa di Republikmurah.com, kamu bisa mendaftarkan atau mentransfer nama domain, mengelola informasi kontak domain, dan juga kamu akan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan tepat waktu sehingga kamu tidak akan melewati batas waktu perpanjangan atas kepemilikan nama domain yang sudah kamu daftarkan di Republik Murah tersebut.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami