Connect with us

Mengenal apa itu Transmission Control Protocol

Mengenal apa itu Transmission Control Protocol

Teknologi

Mengenal apa itu Transmission Control Protocol

(Transmission Control Protocol) TCP

Dari sekian banyak istilah dalam dunia IT, TCP/IP merupakan istilah yang sering kita temui, namun mungkin banyak yang belum tau apa itu TCP. TCP adalah merupakan sebuah protokol. TCP adalah salah satu protokol dalam jaringan komputer yang sering digunakan dalam hal yang bersangkutan dengan yang namanya web, email, FTP dll.

Jika kamu saat ini sedang mengakses sebuah website menggunakan browser, kamu pasti akan melihat tulisan HTTP atau HTTPS pada kolom alamat URL. HTTPS adalah HTTP yang terenkripsi pada saat pengiriman data. HTTP berkomunikasi melalui TCP/IP sebagai proses transfer data antar komputer. Web client (browser) dengan web server (aplikasi web) membutuhkan aturan yang baku untuk bisa saling berkomunikasi, inilah fungsi adanya protokol.

Internet Protocol (IP)

IP address merupakan kumpulan sebaris angka yang dimiliki oleh tiap perangkat komputer, smartphone dan lainnya yang terhubung melalui internet. IP address berfungsi sebagai identitas sebuah komputer di jaringan. IP layaknya seperti alamat rumah kamu.  Kamu dapat cek IP jaringan komputer anda di google dengan keyword “what is my ip”.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami