Connect with us

SEO (Search Engine Optimization) Itu Tidak Murah

Search Engine Optimization

Tips & Trik

SEO (Search Engine Optimization) Itu Tidak Murah

Banyak yang bertanya tentang jasa SEO (Search Engine Optimization), saya jawab SEO itu tidak murah, jadi jangan minta layanan SEO yang murahan.

Menurut pengalaman saya pada salah satu perusahaan  FMCG multinasional dan mendapatkan insight menarik. Mereka terbilang baru fokus di SEO sejak 2021.

Lain lagi dengan teman saya yang bekerja pada perusahaan serupa, ia pernah cerita bahwa dia menggunakan salah satu agensi untuk menjalankan strategi SEO-nya.

Saya sempat bertanya perihal berapa budget SEO berapa % budget paid channel nya, dia memberitahukan bahwa sekitar 5-7% dari budget paid channelnya

Namun FMCG multinasional sepertinya tidak mungkin memiliki budget digital senilai itu saja pastinya.

Let’s say budgetnya dikisaran 500 juta sebulan, berarti yang diterima agensi SEO-nya adalah sekitar 20 juta an perbulannya.

Wow, ternyata jasa SEO bisa se mahal itu lho! Pada umumnya kualitas audiens dari channel SEO lebih baik dari paid channel! Lifetime Value-nya dikisaran 20-30%!”

Inilah value utama dari SEO, yang membuatnya sama sekali tidak bisa dijual dengan harga murah. Karena apa? karena SEO dapat mendatangkan audiens yang berkualitas untuk bisnis pada website Anda, dengan harga yang jauuuh lebih murah dibandingkan channel yang berbayar.

Pada saat mencari sesuatu di Google, kita pada umumnya lebih memiliki kecenderungan mengklik hasil organik pada bagian bawah, dibandingkan mengklik iklan di bagian atasnya bukan?

Itu karena kita percaya bahwa hasil yang dimunculkan oleh Google di sana adalah yang paling bagus. Sehingga kita lebih cenderung mengklik hasil non-iklan (menurut pengalaman saya loh!).

Proses untuk dapat muncul di hasil pencarian itulah yang disebut SEO. Dan prosesnya sama sekali tidak mudah.  Namun, SEO bukanlah jalan pintas untuk bisnis. Semua sisi channel perlu digunakan dalam marketing channel mix-nya.

Bisnis online sangat butuh iklan digital, karena trafiknya bisa didapatkan hanya dalam hitungan harian. Sementara untuk SEO membutuhkan waktu yang lumayan panjang bisa dibilang hitungan minggu hingga bulan untuk mendatangkan hasil.

Namun umumnya harga akuisisi pelanggan lewat ads akan semakin lama semakin mahal. Namun, apabila hanya fokus di ads, sampai berapa banyak dana yang akan Anda habiskan?

Perusahaan perlu memiliki SEO dalam marketing, karena SEO bisa mendatangkan audiens berkualitas dengan biaya jauh lebih murah namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Lewat SEO, audiens Anda akan tetap datang, walaupun budget iklan habis. Itulah keunggulan dari SEO, yang walaupun traffic yang didapatkannya gratis, tapi proses dan usaha mendapatkannya sama sekali dan tidak bisa dibilang  murah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.. By the way, Sudahkah perusahaan Anda memasukkan budget SEO dalam strategi digital marketing Anda?

Continue Reading
You may also like...

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips & Trik

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami