Connect with us

Siapa di Balik Topeng Hacker Bjorka ?

Siapa di Balik Topeng Hacker Bjorka

Trending Info

Siapa di Balik Topeng Hacker Bjorka ?

Siapa di Balik Topeng Hacker Bjorka ? Sudah tentu dan mungkin akhir-akhir ini sudah tidak asing lagi jika kita mendengar Hacker Bjorka, iya betul sekali beliau adalah diduga seorang hacker yang menjadi buah bibir di dunia maya dalam beberapa waktu terakhir berkat aksinya membobol sejumlah dokumen penting.

Pada tulisan kali ini saya tidak akan membahas secara detail mengenai sosok Hacker Bjorka, tetapi pada artikel ini kita akan membahas dan menjelaskan apa itu hacker, jenis-jenis hacker, hingga cara mencegah serangan hack secara mendasar.

Serangan hacker adalah mimpi buruk semua pemilik website. Itulah mengapa setidaknya Anda harus punya wawasan dasar tentang apa itu hacker.

Sosok Hacker adalah seseorang yang memiliki kapasitas untuk menerobos sistem keamanan komputer atau jaringan komputer dengan berbekal skill pemrograman yang bisa dibilang mahir. Tujuannya pun bermacam-macam, mulai dari mengetes sistem keamanan sampai yang namanya melakukan tindak kriminal.

Setiap tindakan hacker yang merugikan pihak tertentu tentu saja merupakan tindakan kriminal. Contohnya seperti mencuri data pribadi pada website e-commerce, social media, dll.

Yang perlu diketahui adalah ternyata ada banyak jenis hacker di dunia ini dengan tujuan yang berbeda-beda. Simak terus artikel ini.

Yang pertama adalah Black Hat Hacker. jenis hacker ini adalah yang paling dikenal dan perlu kita waspadai. Black Hat Hacker adalah hacker yang melakukan aktivitas ilegal. Mulai dari meretas sistem, mencuri data, menyebarkan virus malware, spy, dan masih banyak lainnya.

Lalu yang kedua adalah White Hat Hacker. Hacker jenis ini biasanya menggunakan keahlian meretasnya untuk mengevaluasi kelemahan suatu sistem. Sehingga pemiliknya dapat menjadikan keamananya untuk bisa ditingkatkan lagi dan aman dari serangan hacker lain.

Yang ketiga adalah Blue Hat Hacker.Jenis peretas ini hampir mirip dengan White Hat Hacker. Bedanya, Blue Hat Hacker adalah hacker pihak ketiga yang bekerjasama dengan perusahaan untuk menemukan titik lemah di sistemnya.

Yang keempat ini adalah Grey Hat Hacker. Mereka adalah jenis hacker yang sering melakukan aktivitas tidak etis, tapi masih belum melanggar hukum. Misalnya, sengaja meretas suatu sistem dan hanya akan diperbaiki jika diberi imbalan. Seperti FWB (Friend with benefits) gitu deh..

Yang kelima adalah Red Hat Hacker. Mereka banyak dikenal dengan sebutan Hacktivism. Mereka biasanya melakukan peretasan karena ingin menyampaikan sebuah pesan. Entah itu bersifat ideologis, politik, sosial, atau agama.

Dan yang terakhir ini adalah Script Kiddies. Mereka merupakan Jenis hacker yang hanya bisa melakukan aktivitasnya menggunakan script yang diciptakan oleh orang lain. Namun, tidak sedikit Script Kiddies biasanya agak sedikit diremehkan di kalangan hacker. Tapi tetap saja tindakan mereka bisa merugikan orang lain.

Semoga dapat bermanfaat.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Trending Info

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami