Connect with us

Pengertian dan Cara Menggunakan Localhost

localhost

Tips & Trik

Pengertian dan Cara Menggunakan Localhost

Bagi teman-teman semua yang berkecimpung di dalam dunia internet khususnya website development ataupun Mobile development mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Localhost. Localhost merupakan persamaan dari IP address atau alamat IP 127.0.0.1, yang merupakan IP untuk komputer Anda di jaringan lokal.

Lalu, apakah itu IP ? IP adalah singkatan dari Internet Protocol Address yang merupakan label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi.

Fungsi Utama Localhost

Fungsi utama dari localhost adalah berfungsi sebagai sebuah web server yang banyak digunakan untuk membuat website secara online, localhost juga dapat digunakan untuk kebutuhan networking.

Secara umum, localhost merupakan sebuah istilah yang banyak digunakan untuk menyebut komputer kita sendiri dalam dunia web development. Kita dapat menggunakan localhost untuk belajar membangun sebuah atau banyak website, juga melakukan uji coba aplikasi pemrograman website sebelum di publish secara online di server hosting.

Untuk teman-teman yang sekiranya baru ingin belajar membuat website, localhost merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan untuk mempraktekkannya. Selain gratis, teman-teman juga dapat belajar melalui localhost untuk membuat website layaknya memiliki domain dan hosting sendiri.

Localhost Sebagai Web Server

Terlebih dahulu tentang Web Server, adalah sebuah perangkat lunak server yang ditujukan untuk melayani permintaan untuk pengguna dapat menerima, memproses, dan menampilkan data melalui browser sesuai dengan permintaan yang dikirimkan ke server.

Proses yang dilakukan ini menjadikan web server sebagai pusat kontrol untuk setiap permintaan berbasis bahasa pemrograman website dan bahasa pemrograman untuk aplikasi seperti CSS, HTML, PHP, Javascript, gambar, dan lainnya.

Kita dapat menggunakan aplikasi web server, seperti XAMPP dan sejenisnya untuk memudahkan pembuatan website secara offline terlebih dahulu sebelum kita mempublishnya secara online ke server hosting.

Dengan terpasangnya aplikasi web server offline ini, kita dapat membuat website berbasis CMS, PHP Native, hingga Framework pada localhost kita seperti layaknya pada server online. Selamat mencoba..

Continue Reading
You may also like...

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips & Trik

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami