Apa Itu MVC

Apa Itu MVC (Model Virtual Controller)

MVC adalah salah satu arsitektur yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web. MVC merupakan singkatan dari Model-View-Controller.

Model merupakan bagian dari MVC yang bertanggung jawab terhadap logika bisnis dan mengelola data aplikasi. Model merupakan lapisan yang terpisah dari aplikasi yang tidak tergantung pada bagian lain dari aplikasi.

View merupakan bagian dari MVC yang bertanggung jawab terhadap tampilan aplikasi. View merupakan lapisan yang terpisah dari model yang tidak tergantung pada logika bisnis aplikasi.

Controller merupakan bagian dari MVC yang bertanggung jawab terhadap menangani permintaan pengguna dan mengatur interaksi antara model dan view. Controller menerima input dari pengguna, mengambil data dari model, dan kemudian menampilkan data tersebut melalui view.

Dengan menggunakan arsitektur MVC, aplikasi dapat lebih mudah dikembangkan, di maintain, dan di scale karena setiap bagian dari aplikasi terisolasi satu sama lain.

Dan juga dengan menggunakan arsitektur MVC, pengembangan aplikasi menjadi lebih terstruktur dan terorganisir. Bagian-bagian aplikasi dapat dikembangkan secara terpisah dan tidak tergantung pada bagian lain dari aplikasi. Ini memudahkan dalam pengembangan dan pemeliharaan aplikasi.

Selain itu, MVC juga memungkinkan untuk mengembangkan bagian-bagian aplikasi secara paralel, sehingga proses pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat.

MVC juga memudahkan dalam scaling aplikasi karena setiap bagian dari aplikasi terisolasi satu sama lain. Bagian-bagian yang terisolasi ini dapat di-scale secara terpisah sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

Namun, MVC juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan arsitektur lainnya karena terdapat tiga lapisan yang terpisah. Selain itu, MVC juga membutuhkan lebih banyak coding dibandingkan dengan arsitektur lainnya.

MVC merupakan salah satu arsitektur yang banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi web. Banyak framework yang menggunakan arsitektur MVC, seperti Ruby on Rails, ASP.NET, dan Laravel.

Untuk memahami lebih lanjut tentang MVC, Anda dapat membaca referensi atau tutorial tentang MVC yang tersedia secara online. Anda juga dapat mencoba membuat aplikasi sederhana menggunakan framework yang menggunakan arsitektur MVC untuk lebih memahami bagaimana MVC bekerja dan bagaimana Anda dapat menggunakannya dalam pengembangan aplikasi.

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami