Connect with us

Ingin menjadi Web Developer? Simak Tugasnya Disini!

Web Developer
Siapa itu Web Developer?

Teknologi

Ingin menjadi Web Developer? Simak Tugasnya Disini!

Web developer adalah seorang yang bertanggung jawab dalam: Merancang, mendesain, mengembangkan dan memodifikasi situs web. Seorang web developer tahu bagaimana cara membuat website dari nol, membuat kode custom jika memang Anda membutuhkan fitur khusus di website Anda, mengembangkan semua mulai dari layout website sampai fitur dan fungsi websitenya.

Mungkin ada dari teman-teman sekalian yang berpikir untuk menjadi web developer dan mulai untuk mencoba belajar coding. Tetapi memiliki kendala dikarenakan ada banyak bahasa pemograman di luar sana. Tentunya yang pertama adalah Anda perlu tahu dulu apa tugas seorang web developer atau website developer.

Siapa itu Web Developer?

Mungkin secara awamnya, web developer bisa dibilang sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola website. Tetapi kalau Anda bahas lebih dalam lagi tentang web developer, Anda akan tahu bahwa pekerjaan web developer ini bisa dibilang luas, tapi bukan berarti semua pekerjaan bisa “dihibahkan” ke seorang web developer ya..

Kedua istilah yang mungkin sering banyak kita temukan saat melihat-lihat pekerjaan developer adalah back-end developer dan front-end developer. Lalu, Apa ya bedanya?

Ini Dia Tugas Web Developer

1. Front-End Developer

Front End Developer merupakan suatu pekerjaan dimana seorang pengembang website atau website responsive yang menggunakan bahasa pemrograman sehingga menghasilkan sebuah tampilan / interface agar dapat dilihat oleh pengunjung/pengguna website tersebut.

Pada pekerjaan ini biasanya bertugas untuk mengolah tampilan design menjadi sebuah tampilan interaktif dalam bentuk website ataupun tampilan responsive mobile sesuai yang diinginkan oleh perusahaan atau user. Dalam pengembangan sebuah website itu sendiri biasanya dapat dibagi menjadi 3 bagian.

2. UI / UX Designer

Posisi UI / UX Designer bertugas untuk membuat sebuah desain atau rancangan awal pembuatan website. Lalu setelah membuat desain mentahnya, seorang front end developer melanjutkan untuk menerjemahkan desain tersebut ke dalam bentuk bahasa pemrograman, sehingga website dapat berinteraksi dengan user.

Selanjutnya untuk yang berhubungan dengan feature pada website tersebut yang menyangkut interaksi penyimpanan data, server, maupun proses yang bekerja di balik layar diteruskan pada Back End Developer.

Jadi, seorang Front End Developer perlu terlebih dahulu memastikan tampilan website telah sesuai dan tepat dalam hal fungsionalitasnya. Seperti contohnya, menu, button, animasi, dan interaksi yang dapat digunakan oleh pengguna adalah merupakan tugas dari seorang front end developer.

3. Back-End Developer

Back-End Developer adalah bisa juga disebut Software Developer yang bertugas dalam mengelola server, aplikasi, dan database agar dapat saling berinteraksi atau berintegrasi satu sama lain dengan baik dan lancar. Seorang Back-End Developer memiliki peranan yang sangat penting karena dengan Back-End lah suatu aplikasi Front-End dapat berjalan dengan semestinya. Jadi, jika Anda ingin menjadi seorang Back End Developer, Anda perlu memiliki kemampuan konsep expert dalam mengembangkan RESTful API seperti Clean Architecture, Serverless, Container, dan CI/CD. pembuatan RESTful API; menggunakan teknologi database, storage, message broker, authentication dan authorization.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top