Connect with us

Mengenal Inode Pada cPanel Shared Hosting Unlimited

Tips & Trik

Mengenal Inode Pada cPanel Shared Hosting Unlimited

Mungkin banyak teman-teman yang bertanya-tanya ketika pada saat memesan paket Hosting Unlimited, terlihat pada sisi sebelah kanan yang bertuliskan Inodes. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Oke, lalu.. apakah Inodes itu?

Inode adalah keterangan yang menyimpan informasi tentang file yang berada pada akun hosting unlimited anda. Jumlah inode di akun hosting anda sama dengan jumlah file yang ada di dalam akun hosting yang anda punya.

Apabila ada aktifitas sebuah file dibuka, maka sistem operasi server membaca file inode tersebut. Semakin banyak batasan/limit inode yang anda miliki di cPanel Anda, semakin banyak juga sumber daya yang dapat Anda gunakan pada akun cPanel anda selama masa pakainya. Dalam hal ini termasuk sumber daya saat memuat situs web anda, mengunggah file, dll. Jika terlihat pada akun cPanel anda mencapai batas inode, anda di mungkinkan tidak dapat mengunggah file, melakukan pengeditan situs web dan lain sebagainya. (Note: batas jumlah inode disini adalah bukan merupakan batas “disk space” pada akun hosting Anda).

Pada umumnya Akun cPanel (shared hosting) dan reseller hosting, memiliki sebuah batasan inode 300.000 per akun cPanel nya. Limit inodes ini dapat membantu Anda sebagai reseller hosting  tentang kinerja yang tepat di semua masing-masing akun di shared hosting klien Anda.

 

Bagaimana Cara Mengurangi Limit Inodes

Untuk menurunkan penggunaan inode anda yang limit adalah dengan cara menghapus file dan folder yang tidak perlu yang terdapat dari akun hosting anda. Maksudnya adalah, jika situs web anda tidak menggunakan file-file dan folder tersebut, Anda dapat menghapus file-file dan folder-folder tersebut itu dari akun cPanel anda.

Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips & Trik

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami