Connect with us

Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

search engine optimization

Teknologi

Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

Dalam dunia digital marketing terkadang kita sering mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization), namun ternyata masih banyak yang menyalah artikan antara SEO dengan SEM.

Dalam artikel berikut ini saya akan mencoba untuk menjelaskan perbedaan antara keduanya.

Search engine Optimization (SEO) adalah sebuah upaya agar website dan kontennya muncul pada halaman pertama atau halaman 10 besar pada hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu secara organic. Sehingga website tersebut lebih mudah ditemukan oleh banyak orang dan dapat menjaring banyak pengunjung.

Pada praktik SEO ini dapat dibedakan menjadi 3 Strategi, yaitu:

  1. SEO on Page
  2. SEO Off Page
  3. Technical SEO

SEO On page : Praktik ini lebih fokus pada konten pada website di dalamnya. Seperti membuat dan memposting artikel yang SEO-Friendly

SEO Off Page : Pada praktik ini lebih fokus kepada mengoptimasi website dari luar website. strategi ini lebih mempromosikan website dengan melakukan link building, backlink,  anchor text, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas website dan relevansi website.

Technical SEO : Praktik ini lebih fokus kepada upaya mengoptimasi pada back-end website sehingga performanya baik dan optimal dalam segi dari struktur web, kecepatan website, dsb.

 

Lalu, apakah yang dimaksud dengan SEM (Search Engine Marketing) ?

Walaupun sekilas mirip dengan SEO, ternyata SEM sangatlah jauh berbeda. SEM adalah merupakan upaya untuk mengiklankan website kita agar tampil di halaman pencarian. Cara ini lebih instan atau lebih cepat tampil pada halaman utama Search Engine dengan label “Iklan” pada bagian kiri atasnya.

Seperti terlihat pada gambar berikut ini :

SEM

Semoga informasi dapat bermanfaat.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami