TeknologiTips & Trik

Berapa Banyak Ruang Disk yang Dibutuhkan Sebuah Website ?

Terkadang sebelum menentukan membuat website kita bertanya-tanya, berapa banyak ruang disk yang dibutuhan pada website kita nantinya? Dari pemikiran tersebut kita perlu mengambil satu keputusan dalam menentukan paket hosting web dengan jumlah sumber daya yang tepat, termasuk RAM, inti CPU, dan ruang disk untuk membawa bisnis kamu online.

Pada dasarnya ruang disk ini merupakan tempat kita menyimpan semua konten dinamis, file, dan data penting situs web kita nantinya. Kita dapat menyamakannya mirip dengan penyimpanan hard disk di mesin komputer kita pada umumnya.

Pada artikel berikut ini, saya akan menginformasikan kepada kalian dalam menentukan jumlah ruang disk yang tepat untuk situs web kamu nantinya, sehingga kamu tidak menghabiskan lebih banyak dana serta dampak negatif dari ruang disk yang terlalu sedikit untuk website kalian yang ingin kalian bangun. Sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya kita dapat memahami terlebih dahulu tentang apa itu ruang disk.

Ruang disk pada website mengacu pada penyimpanan actual yang dimiliki website kalian yang berada di server. Penyimpanan pada server hampir identik dengan penyimpanan pada sebuah hard disk, penyimpanan USB, SD card, dll yang diukur dalam satuan GigaBytes (GB).

Pada perusahaan yang berbeda menyebut ruang disk server ini sebagai istilah ‘storage’, ‘web storage’, ‘website storage’, dan lain sebagainya. Namun, pada dasarnya sederhana, mereka semua berbicara tentang media penyimpanan di hard disk server.

Lalu, Apa yang digunakan untuk Ruang Disk sebuah website pada umumnya?

Ketika publik mengakses website yang kamu miliki, server website website kamu akan mencari informasi yang relevan dan mentransfernya untuk dapat tampil pada sebuah browser. Itu sebabnya semua data website yang ingin dapat diakses oleh publik perlu disimpan secara online pada server.

Selain hal tersebut di atas, ada beberapa alasan lagi mengapa kalian memerlukan media penyimpanan untuk website yang sudah kamu miliki agar dapat diakses dan terlihat oleh publik.

Pada umumnya saat ini, ada aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan sebuah website yang biasa disebut dengan istilah platform yang dimana di dalamnya berisi File PHP, CSS, CMS, JavaScript, dll.

Semua aplikasi ini juga perlu disimpan ke dalam server website kalian. Seperti contohnya aplikasi CMS (WordPress, joomla, opencart misalnya) biasanya didalamnya terdapat banyak template tambahan serta plugin-plugin dan modul-modul serta yang lainnya yang dapat memakan lebih banyak ruang penyimpanan pada server.

Selain hal tersebut, jika kalian menggunakan aplikasi CMS seperti yang suudah disebutkan di atas, kalian akan pada umumnya memiliki database yang memerlukan ruang penyimpanan untuk kebutuhan tersebut.

Seiring berjalannya website yang kamu miliki tersebut kedepannya, kMU juga akan banyak mendapatkan informasi pengunjung website seperti alamat email, alamat pengiriman, dll., dan sudah pasti data2 tersebut harus disimpan dengan aman di server website kalian.

Itulah mengapa kalian memerlukan fasilitas Ruang Penyimpanan pada server, karena server website kalian yang akan menampungnya.

Yang perlu dipahami disini adalah bahwa server sebuah website tidak hanya menyimpan website kalian seperti yang dilihat oleh semua pengunjung website kalian pada front end, Semua hal yang berhubungan dengan backend juga perlu disimpan pada server website kalian.

Jadi, Berapa Banyak Ruang Disk yang akan Kalian Butuhkan untuk Situs yang kalian miliki?

Tidak ada jawaban yang secara pasti untuk menjawab pertanyaan seperti ini, karena setiap masing-masing website dibangun secara berbeda, menggunakan aplikasi yang berbeda, database yang berbeda, serta secara umum memiliki layout yang berbeda juga. Oleh sebab itu, kebutuhan penyimpanan setiap website masing-masing akan berbeda.

Itu sebabnya Republikmurah.com dan Ruanghosting.com selalu menawarkan paket hosting dengan kapasitas disk yang unlimited.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Hubungi Kami