Connect with us

Ingin Aman Berinternet ? VPN (Virtual Private Network) Bisa menjadi Solusinya

Tips & Trik

Ingin Aman Berinternet ? VPN (Virtual Private Network) Bisa menjadi Solusinya

Pada era digital sekarang, internet sudah bukan lagi merupakan barang mahal, karena saat ini internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan almost primer untuk sebagian orang.

Disini saya tidak akan membahas mengenai harga ataupun jenis smartphone yang terbaik yang harus anda miliki, tetapi lebih kepada keuntungan serta segi keamanan dalam berinternet. Mengapa begitu? Mari kita bahas hal tersebut.

Dalam hal memakai koneksi internet, ada hal dasar yang terpenting yang perlu kita cermati bersama, Yaitu : “Keamanan”.

Berbicara tentang keamanan dalam berinternet, kita langsung teringat dengan istilah Peretas atau dengan nama lainnya adalah Hacker.

Hacker adalah seseorang atau sekelompok orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, dan menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan pribadi/organisasi atau dimotivasi oleh sebuah tantangan tersendiri.

Pertimbangkan, dunia internet telah dipenuhi dengan para peretas, spammer dan para penyusup. Ada satu kata dari berbagai hal yang dapat menyelamatkan anda dari para penjahat dan salah satunya adalah VPN (Virtual Private Network).

VPN merupakan singkatan dari “Virtual Private Network”, yaitu cara paling aman untuk terhubung ke internet tanpa membahayakan identitas online, privasi serta aset keuangan anda.

Sebuah VPN membuat tunnel aman menggunakan protokol VPN dengan menyembunyikan IP asli anda di balik salah satu IP itu sendiri dengan mengenkripsi semua komunikasi anda dan melewati tunnel yang aman yang sekiranya memungkinkan anda untuk menjelajahi website-website secara bebas (tanpa batas) dengan tanpa dikenali kecuali oleh si penerimanya.

Sebagai contoh sederhana :

Ketika anda mengirim data anda melalui internet (kita sebut saja “sebuah paket”). Paket ini dapat secara mudah disadap oleh siapa saja yang hanya dengan menggunakan tools sederhana yang tersedia di internet.

Dengan contoh lainnya, kita ambil contoh dari Surat yang dikirim melalui pos. Anda kirim surat untuk kekasih anda melalui teman anda, lalu Surat tersebut tidak tertutup dalam amplop, jadi setiap orang bisa membacanya. Tapi, bagaimana jika anda menyertakan surat dalam amplop yang tertutup rapat dan kemudian Anda lem dengan sempurna ?! Dengan cara ini tidak ada yang bisa membukanya.

Begitu juga dengan VPN (Virtual Private Network).

Semoga dapat bermanfaat.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips & Trik

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami