Connect with us

Skill Wajib Dunia Digital Marketing

Skill Wajib Dunia Digital Marketing

Teknologi

Skill Wajib Dunia Digital Marketing

Dikarenakan semakin masifnya orang-orang bergerak ke arah digital, semakin gencarnya juga berbagai perusahaan melakukan aktivitas pemasarannya melalui lingkungan dunia digital, yang banyak kita kenal dengan istilah digital marketing.

Dalam Dunia Marketing ini, kita perlu juga untuk harus mengetahui sejumlah skill dasar untuk dapat berhasil dalam usaha memasarkan produk dan jasa kita sendiri ataupun untuk kebutuhan klien.

Apabila kamu termasuk yang tergolong newbie alias fresh graduate namun ingin berkarir di dalam dunia digital marketing, ada baiknya kamu perlu mengetahui beberapa skill dasar berikut ini.

1. SEO (Search Engine Optimization)

Dalam berkarir di dunia digital marketing, kita perlu mengetahui prinsip dasar dari Search Engine Optimization atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SEO. Seperti yang sudah pernah kita bahas juga pada artikel sebelumnya, yaitu Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).

Secara umum SEO digunakan untuk mengoptimasi posisi website yang kita miliki pada mesin pencarian.

Pada SEO ini, kamu harus mengetahui apa dan bagaimana serta fungsi dari keyword atau kata kunci untuk meningkatkan traffic pada website kita nantinya.

Oleh sebab itu, kamu perlu mencari kata kunci dengan search volume yang tinggi. Ada banyak tools pada website di internet seperti Google Search Console serta tools yang bisa kita gunakan untuk melakukan keyword research, beberapa contonya adalah Ahrefs, Google Keyword Planner, semalt, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apabila kamu sudah memiliki pengetahuan teori serta pengalaman dalam hal SEO, kamu akan bisa untuk berkarir dalam dunia digital marketing sebagai SEO Specialist!

2. Memahami Media Sosial

Pada era digital marketing saat ini, kita mengetahui bahwa memiliki website bukan satu-satunya media yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran di dunia internet.

Promosi melalui media sosial juga dapat menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mendukung website yang kita miliki.

Media Sosial dapat kita gunakan dari mulai membangun brand awareness produk yang kita promosikan, hingga menggiring calon pembeli ke halaman pembelian produk kita yang tersedia di website.

Banyak media sosial yang tersedia di internet seperti Facebook, Instagram, Twitter, linkedin dan lainnya yang dapat menjadi media menawarkan produk kepada para penggunanya.

Beberapa platform tersebut telah kita ketahui menyediakan fasilitas akun bisnis dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki akun biasa.

Kita juga bisa menargetkan produk yang akan kita tawarkan ke tiap pengguna media sosial sesuai dengan hobi, umur, gender, lokasi, dan yang lainnya yang perlu kita sesuaikan agar tepat sasaran.

Buat kamu yang sudah menguasai teknik memasarkan produk-produk secara targeting dalam media sosial, kamu dapat mencoba untuk berkarir sebagai Social Media Specialist di bidang Social Media Marketing ini.

3. Menganalisa Google Analytics

Skill Google Analytics berikut ini penting sekali untuk kalian miliki, dikarenakan data yang tersedia didalamnya yang sangat melimpah untuk kamu jadikan acuan sebagai digital marketer.

Didalam Google Analytics tersedia berbagai informasi yang berhubungan dengan sumber pengunjung dari sebuah website, baik yang terkait sesi durasi, behaviour (kebiasaan pengunjung), hingga bounce rate serta yang lainnya. Dengan mengetahui dari sumber data-data di dalam Google Analytics tersebut kamu bisa mengatur strategi untuk meningkatkan penjualan pada website yang kalian miliki.

Jika kamu faham aktivitas menganalisa data menggunakan tools seperti Google Analytics ini, kamu dapat berkarir sebagai Data Analyst!

Nah, Segala keputusan ada di tangan kamu.. mana yang akan mewakili masa depan kamu, kamu yang menjalani dan kamu juga yang memilih. Tetap optimis dan selalu berkarya.

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami