Connect with us

Mengenal Serangan Keylogger dan Cara Menyiasatinya

Tips & Trik

Mengenal Serangan Keylogger dan Cara Menyiasatinya

Sebelumnya saya akan memberitahu tentang apa itu yang dinamakan dengan Keylogger. Keylogger merupakan sebuah program yang dibuat untuk merekam atau mencatat aktifitas seseorang dalam hal penekanan tombol melalui keyboard dan memasukanya ke dalam log (catatan). Keylogger ini awalnya digunakan untuk keperluan yang positif, seperti contohnya memonitor aktifitas para pekerja atau anak yang menggunakan sebuah komputer.

Hacking dengan menggunakan tehnik Keylogger biasanya dilakukan oleh para hacker dengan cara menginstal software pada perangkat korbannya. Pemasangan perangkat keylogger dilakukan dengan beberapa cara&nbsp tersembunyi, antara lain:

1. Melalui email phishing.
2. Otomatis menginstall melalui skrip sebuah halaman website

Cara Kerja Keyloggers adalah merekam dan mengumpulkan tiap informasi dan mengirimkannya kembali ke pihak ketiga (hacker). Perangkat lunak keylogger tersebut memanfaatkan algoritma yang dapat memantau ketikkan keyboard melalui teknik pengenalan sebuah pola.

Jumlah informasi yang diperoleh sangat beragam. Keyloggers hacking dasar dapat mengumpulkan informasi yang diketik oleh korban pada suatu perangkat yang sudah disisipkan perangkat lunak tersebut dan data perekaman yang diperoleh tersebut dikirim kembali ke si hacker melalui beberapa cara seperti melalui email, web tertentu, database, atau server FTP yang telah ditentukan sebelumnya.

Cara Sederhana Untuk Mengatasi Keylogger

Apabila Anda telah memasang Antivirus pada perangkat komputer, mungkin saja Keylogger tidak akan berjalan, dikarenakan biasanya akan otomatis dianggap virus oleh Antivirus komputer Anda.

Dengan cara sederhana berikut, contohnya misalnya: Anda dapat mengetik tanpa huruf vocal, misalnya kalian mau mengetik password berupa “bijikedondong”. Coba kalian ketik dahulu “bjkdnndng”, dengan feeling kalian coba letakkan huruf vocal tersebut, agar menjadi kombinasi password yang benar. Karena Keylogger cuma merekam apa yang diketik lebih awal, jika awalnya “bjkdnndng”, maka nanti huruf yang menyusul akan menjadi “bjkdnndngiieoo”.

Semoga cara simple dan sederhana ini dapat bermanfaat ya. Selamat mencoba

Continue Reading
You may also like...

CEO Republikmurah.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips & Trik

Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
Hubungi Kami